Tutorial Membuat Plugins WordPress (Bag. 1) – Permulaan

Sebelum berbicara mengenai bagaimana cara membuat plugins wordpress, alangkah sebaiknya berkenalan dulu dengan si doiWordPress merupakan salah satu CMS (content management system) yang paling populer saat ini. WordPress biasa digunakan untuk blog atau website company profile. Namun dengan menambahkan beberapa plugins, wordpress bisa juga digunakan untuk website online shop dan berbagai jenis website lainnya dengan customisasi dan plugins-plugins tertentu.

Wordpress Plugins
WordPress Plugins

Bagi anda yang tidak memiliki kemampuan programming, plugins wordpress ini sebenarnya sudah tersedia, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Untuk plugins yang gratis bisa di cek di https://wordpress.org/plugins/. Nah bagi yang ingin tahu Bagaimana cara membuat plugins wordpress ini, berikut langkah-langkah cara membuat plugins wordpress. Let’s check this one out 🙂

1. Pengetahuan Dasar Plugins WordPress

Pada umumnya, lokasi plugins di WordPress terletak pada folder wp-content/plugins/. Namun lokasi tersebut dapat diganti (biasanya untuk alasan security) menggunakan plugins khusus (tidak dibahas disini). Dalam kondisi normal, silahkan buat folder baru (sesuai nama plugins) di dalam folder wp-content/plugins/. Misalnya nama plugins yang dibuat adalah Wp Signature Post, nama foldernya (usahakan hanya A-Z, a-z, 0-9, – (strip) dan  _  (underscore) ) yaitu “wp-signature-post“.

Buat Folder wp-signature-post
Buat Folder wp-signature-post

Pastikan juga nama plugins tidak sama, silahkan cek disini https://wordpress.org/plugins/wp-signature-postapabila hasil tidak ditemukan maka kita dapat memakai nama plugins tersebut, jika tidak cobalah untuk pilih yang lain.

cek ketersedian nama plugins
cek ketersedian nama plugins

2. Informasi Plugins

langkah selanjutnya silahkan buat file php baru, misalnya “wp-signature-post.php” kemudian isi dengan informasi plugins.

apabila dilakukan dengan benar, maka plugins sudah muncul di www.websitekamu.com/wp-admin/plugins.php. 

Informasi Plugins
Informasi Plugins

Sepertinya dengan melihat gambar diatas, sepertinya sudah tidak perlu lagi dijelaskan untuk code diatas ya 🙂

3. Main Content Plugins

Plugins yang kita buat ini berfungsi untuk menyisipkan kalimat / signature di akhir setiap postingan. Contoh code yang dibuat sebagai berikut :

 untuk mengimplementasikan fungsi yang kita buat pada plugins tersebut, bisa menggunakan fungsi asli dari wordpress yaitu add_filter().  Letakkan code ini diatas fungsi wpsp_the_content() yang tadi kita buat.

4. Tampilkan Plugins di Menu Setting

untuk menampilkan plugins pada menu setting, kita akan menggunakan add_action() dan add_option_page() yang nantinya akan menghasilkan halaman pada url wp-admin/options-general.php?page=wp-signature-post

apabila dilakukan dengan benar dan sedang bernasi beruntung maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini

Hasil Plugins WP Signature Post
Hasil Plugins WP Signature Post
Hasil Plugins WP Signature Post
Hasil Plugins WP Signature Post

Cie.. lihat tuh, plugins wodpress nya telah berhasil dibuat. Oh iya, hampir kelupaan, ini nih sample post yang ditambahin signature “Terima kasih telah berkunjung, mohon komentarnya” .

Hasil Plugins WP Signature Post by @ericariyanto.com
Hasil Plugins WP Signature Post by @ericariyanto.com

Bagaimana? cukup mudah kan membuat plugins wordpress ? apabila menemukan kesulitan silahkan sampaikan melalui komentar dibawah. Oh iya, bagi yang memerlukan source code lengkapnya bisa di download disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *