How to migrate from mysql to mariadb on ubuntu

ericariyanto.com – Beberapa minggu ini agak bingung dengan aplikasi yang tiba-tiba lambat saat diakses. Padahal dari coding dan optimize database sudah diupayakan, namun tetap saja ada satu halaman yang sangat lambat saat diakses (bahkan bisa hingga tidak terbuka sama sekali). Halaman tersebut memanggil sebuah view yang memanggil view dan memanggil view lainnya (banyak view didalamnya), curiga sih script ini yang buat lama, tapi belum nemu cara lain selain menggunakan view tersebut. Setelah bertapa dan meminta petunjuk dari yang maha kuasa,  selidik punya selidik ternyata mysql ini cukup lambat dalam memproses data. Jadi saya disarankan untuk migrasi dari mysql ke mariadb.

ilustrasi speed up your database website
ilustrasi speed up your database website

Nah, berdasarkan kejadian diatas saya coba untuk migrasi mysql ke mariadb dan ternyata emang bener ampuh (sujud syukur). Bagi yang ingin mencoba juga untuk migrasi database dari mysql ke mariadb silahkan baca postingan ini aja ngga perlu nyari-nyari artikel How to migrate database from mysql to mariadb lagi digoogle. Oh iya, kebetulan saya pakenya ubuntu, jadi artikel ini diberi judul How to migrate from mysql to mariadb on ubuntu. Untuk yang pake OS lain, silahkan disesuaikan ya, hehee.

Oke, mari kita mulai, sebelumnya pastikan Backup database dan aplikasi anda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Silahkan connect ke server anda dan ikuti langkah atau command  dibawah ini :

Sebenarnya cukup sampai disitu, tapi bila ingin tambahan untuk phpmyadmin dan PHP silahkan paste command berikut

Nah, mariadb telah siap untuk digunakan. Oh iya, bila menemukan error setelah migrasi

untuk mengatasinya silahkan install php5-mysqlnd 

Selesai.

Mudahkan langkah-langkah migrasi database dari mysql ke mariadb. Bila ada masukan, saran, pertanyaaan, pendapat, curhat dsb mari kita diskusikan bersama.

Salam ketik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *