Tutorial Regex with Example

Regex atau Regular Expression merupakan sebuah pattern matching, yaitu notasi yang digunakan untuk mencocokkan teks dan data, serta memanipulasinya, umumnya lebih sering digunakan untuk string. Pada tulisan kali ini akan dibahas tutorial bagaimana cara menggunakan regex dengan mudah dan disertai contoh implementasinya. So, Let’s we begin tutorial regex with example  come ooonnnn… ^_^

Studi Kasus

Misalkan kita akan membuat sebuah aplikasi SMS gateway, dengan fitur pendaftaran berupa inputan “

NAMA LENGKAP [SPASI] USIA [SPASI] ALAMAT

nantinya inputan tersebut rencananya akan kita inputkan kedalam tabel anggota dengan field (nama, usia, alamat).

Bagaimana cara membuatnya dengan PHP?

1. Skenario Pertama

Inputan yang diterima adalah : ERIC ARIYANTO 17 JAKARTA SELATAN

tanpa regex, codingnya kurang lebih akan seperti ini :

eh iya, kalo bisa coba deh bikin sendiri dulu codingan untuk skenario pertama diatas, coba nanti bandingkan algoritmanya dengan punya saya heheh..

 dari script diatas kita bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan permintaan dari kasusnya. Jadi, kenapa harus menggunakan regex? buat apa tutorial regex with example ini ditulis kalo dengan script biasa saja studi kasus diatas sudah terpenuhi?

2. Skenario Kedua

Saya tidak bisa menjawab pertanyaan diatas (lah, nanya sendiri, jawab sendiri, malah nggak bisa jawab, aneh.. iya kamu… iya aku maksudnya.. anehh).

Untuk skenario kedua ini, Kita akan memberikan toleransi kepada anggota yang ingin mendaftar apabila melakukan kesalahan penulisan. Toleransi yang dimaksud seperti ini :

Eric Ariyanto 17 Jakarta Selatan -> VALID
Eric Ariyanto 17 Jakarta Selatan -> VALID
Dian Sastro W 17 Kencana No 3 Jakarta Selatan -> VALID
Gita Gutawa 23 tahun Jakarta Pusat -> VALID
Gita Gutawa 23 thn Jakarta Pusat -> VALID
Gita Gutawa 23 th Jakarta Pusat -> VALID
Gita Gutawa 23th Jakarta Pusat -> VALID
Gita Gutawa 23tahun Jakarta Pusat -> VALID

Nah sekarang kita coba lihat, dengan beberapa “toleransi” dan kalimat diatas, bisa kita lihat kalo source code tersebut belum pintar, belum bisa mengakomodir kesalahan penulisan, Berikut hasil apabila menggunakan source code diatas :

Tutorial Regex with Example
Hasil skenario 2

kacau sekali kan jadinya?? masa mba dian sastro umurnya jadi 173 ckckc?? dan untuk gita gutawa sama sekali tidak ada yang benar. Kita bisa saja memanipulasi script diatas untuk mendapatkan hal sesuai keinginan dari skenario kedua ini, tapi saya sarankan stop! Mari mulai menggunakan cara yang lebih ringkas, yang bahkan bisa mengakomodir kebutuhan dan toleransi tersebut hanya dengan sebaris “pattern“. Dan disini saya bisa tegaskan perlunya penggunaan regex sehingga tulisan Tutorial Regex With Example ini saya tulis. Oke, mari kita coba lihat bagaimana code jika menggunakan regex.

Berhubung sudah terlalu panjang, maka pembahasannya saya teruskan pada postingan berikutnya. Anda bisa membaca kelanjutan tutorial regex with example bagian kedua disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *